Sabtu, 02 April 2011

Latihan Listening Skill 1 s/d 9


SKILL 1  : FOCUS ON THE SECOND LINE (FOKUS PADA PEMBICARA KE DUA)
STRATEGI:
1.       Kemungkinan jawaban dari pertanyaan terdapat pada pembicara kedua dalam percakapan.
2.       Dengarkan pembicara pertama dalam percakapan. Jika anda mengerti, itu bagus. Tapi jangan khawatir jika anda tidak mengerti, sebab kemungkinan dalam pembicara pertama tidak terdapat jawabannya.
3.       Bersiaplah untuk focus pada pembicara ke dua karena di sanalah terdapat jawabannya.  Ingatlah apa yang sudah diucapkan pembicara ke dua sambil anda mencari jawaban  yang benar pada pilihan jawaban.
Contoh:
(man)                    Andres really made a big mistake this time
(woman)             Yes, he forgot to turn in his reaserch paper
(narrator)            What does the women say about Andres?
In your test book, you read:
(A)   It was the first time he made a mistake
(B)   He forgot to write his paper
(C)   He turned in the paper in the wrong place
(D)   He didn’t remember to submit this assignment **
Jawaban yang benar adalah D, karena forgot to turn in, itu berarti bahwa dia didn’t remember to submit.

SKILL 2  : CHOOSE ASWERS WITH SYNONYMS (PILIH JAWABAN BERDASAR SINONIM)
STRATEGI:
1.       Selama anda mendengarkan percakapan pembicara ke dua, fokuslah pada kata kuncinya
2.       Jika anda melihat sinonim (persamaan kata) key word pada jawaban maka pilihlah jawaban yang mempunyai arti yang sama.
Contoh:
(woman)             Why is Nurul feeling so happy?
(man)                    She just started working in a real estate agency
(narrator)            What does the man say about Nurul?
In your test book, you read:
(A)   She always liked her work in real estate
(B)   She began a new job **
(C)   She just bought some real estate
(D)   She bought a real estate agency      
Jawaban yang benar adalah B. Kata kunci started  berarti began, dan kata kunci working mengacu pada Job.

SKILL 3  : AVOID SIMILAR SOUNDS (HINDARI BUNYI YANG TERDENGAR SAMA)
STRATEGI:
1.       Identifikasi kata kunci pada pembicara ke dua
2.       Identifikasi kata-kata pada jawaban yang mempunyai bunyi yang sama dengan yang anda dengar dari pembicara ke dua, dan jangan pilih jawaban yang seperti itu.
Contoh:
(man)                    Why couldn’t Edi come with us?
(woman)             He was searching for a new apartment
(narrator)            What does the woman say about Edi?
In your test book, you read:
(A)   He was in the department office
(B)   He was looking for a place to live **
(C)   He was working on his research project
(D)   He had an a appointment at church
Jawaban yang benar adalah B. Kata kunci pada pembicara kedua adalah searching dan apartment, dalam jawaban (C) dan (D) kata research dan church memiliki bunyi yang terdengar sama dengan search, sedang dalam jawaban (A) dan (D) kata department dan appointment bunyinya mirip apartment.

SKILL 4: DRAW CONCLUSIONS ABOUT WHO, WHAT, WHERE (MENARIK KESIMPULAN TENTANG SIAPA, APA, DIMANA)
STRATEGI:
Biasanya dalam listening anda akan diminta untuk menyimpulkan tentang:
1.       Siapa yang sedang berbicara?
2.       Apa yang akan dia kerjakan selanjutnya?
3.       Dimana percakapan itu terjadi?
Untuk mengetahui jawabannya adalah dengan mendengarkan clue (petunjuk) yang anda dengar dalam percakapan, baik itu dari pembicara pertama maupun pembicara ke dua.
Contoh:
(woman)             Are you going into the water or are you just going to lie there on the sand?
(man)                    I think I need to put on some suntan lotion
(narrator)            Where does this conversation probably take place?
In your test book, you read:
(A)   At a beauty salon
(B)   At the beach
(C)   In a sandbox
(D)   At an out door restaurant
Jawaban yang benar adalah B. kata-kata water, sand dan suntan lotion dalam percakapan memberi petunjuk pada anda kalau percakapan ini terjadi di pantai (beach).

SKILL 5: LISTEN FOR WHO AND WHAT IN PASSIVES (MENDENGARKAN SIAPA DAN APA DALAM KALIMAT PASIF)
STRATEGI:
1.       Jika percakapan terdiri dari kalimat pasif, maka jawaban pertanyaannya biasanya kalimat aktif
2.       Demikian sebaliknya. Jika percakapan terdiri dari kalimat aktif, maka jawaban pertanyaannya biasanya kalimat pasif.
3.       Catatan: periksa dengan teliti siapa atau apa yang sedang diperbincangkan dalam pertanyaan ini.
Contoh:
(man)                    Did Sherly go to the bank this morning?
(woman)             Yes, she did. She got a new checking account.
(narrator)            What does the woman imply?
In your test book, you read:
(A)   Sherly wrote several check
(B)   Sherly wanted to check up on the bank
(C)   A new checking account was opened
(D)   Sherly checked on the balance in her account
Jawaban yang benar adalah C. Dalam percakapan ini pembicara ke dua menggunakan kalimat aktif yang berarti bahwa Sherly opened a checking account jadi jawabannya menggunakan kalimat pasif yaitu a checking account was opened.

SKILL 6: LISTEN FOR WHO AND WHAT WHIT MULTIPLE NOUNS (MENDENGARKAN SIAPA DAN APA DENGAN BANYAK KATA BENDA)
STRATEGI:
                Dengarkanlah dengan seksama pada pembicara ke dua siapa dan apa saja yang sedang diperbincangkan. Apabila ada beberapa kata benda dalam satu kalimat, biasanya membingungkan bagi anda untuk memilih mana yang benar.
Contoh:
(man)                    : Do you know who is in the band now?
(woman)             : I heard that Mery replaced Udin in the band
(narrator)            : What does the woman say about the band?
In your test book, you read:
(A)   Udin became a new member of the band
(B)   Udin took Mery’s place in the band
(C)   Mery didn’t have a place in the band
(D)   Mery took Udin’s place in the band **
Jawaban yang benar adalah D. Dalam perbincangan, pembicara ke dua membicarakan 2 orang (Mery dan Udin) dan dua orang ini membingungkan penjawab. Sebab Mery menggantikan Udin, ini berarti bahwa Mery ada di band itu sedangkan Udin tidak.

SKILL 7: LISTEN FOR NEGATIVE EXPRESSIONS  (MENDENGARKAN PERNYATAAN NEGATIF)
Dalam pernyataan negative terdapat respon positif yang terdiri dari kata-kata dengan arti yang berlawanan.
Contoh:
(man)                    How did they get to their grandmother’s house in maine in only five hours?
(woman)             They did’t drive  slowly on the trip to Maine
(narrator)            What does the woman say about the trip?
In your test book, you read:
(A)   They drove rather quickly
(B)   They couldn’t have driven more slowly
(C)   They wanted to travel slowly to Maine
(D)   They didn’t drive to Maine
Jawaban yang benar adalah A. Jika mereka tidak menyetir pelan (didn’t drive slowly) itu berarti mereka ngebut (drove rather quickly).

SKILL 8: LISTEN FOR DOUBLE NEGATIVE EXPRESSIONS (MENDENGARKAN PERNYATAAN NEGATIF GANDA)
Dalam listening biasa muncul 2 kata negative dalam satu kalimat, dan ini tentunya akan sedikit membingungkan.
Kata negative seperti (not, no, none)
Awalan negative seperti (in, un, dis) yaitu kata yang jika diawali oleh (in, un, dis) akan menjadi negative. Contoh: Like (suka) – dislike (tidak suka), clean (bersih) – unclean (tidak bersih)
Jika dalam satu kalimat terdapat 2 kata negative itu artinya positif, maka anda harus memilih jawaban yang positif.
Contoh:
(man)                    Kurniati, you worked so hard setting up the field trip
(woman)             I hope no one’s unhappy with the arrangements
(narrator)            What does Kurniati mean?
In your test book, you read:
(A)   She hopes everyone will be pleased **
(B)   She know no one is happy with what she has done
(C)   She is arranged to take a trip because she is unhappy
(D)   Everyone’s happy with the condition of the field
Jawaban yang benar adalah A. Kata no one unhappy artinya everyone happy, dan kata happy sama dengan pleased.

SKILL 9: LISTEN FOR “ALMOST NEGATIVE” EXPRESSIONS (MENDENGARKAN PERNYATAAN “HAMPIR NEGATIF”)
Dalam pernyataan hampir negative ini, anda akan menjumpai kata-kata:
Hardly, barely, scarcely, only, yang artinya hampir tidak ada (almost none)
Rarely, seldom, yang artinya hamper tidak pernah (almost never)
Contoh:
(woman)             Were you able to pay the electric bill?
(man)                    I had barely enough money
(narrator)            What does the man imply?
In your test book, you read:
(A)   He had plenty of money for the bill
(B)   He did not have enough money for the bill
(C)   He paid the bill but has no money left **
(D)   He was unable to pay the bill
Jawaban yang benar adalah C. Kata enough mengindikasikan cukup, sehingga dia membayar tagihannya (he paid the bill), kata barely enough menunjukkan uangnya pas-pasan itu berarti tidak ada lagi yang tersisa (no money left).

Persiapan TOEFL Latihan Structure Skill 1 s/d 8


Beberapa kalimat dalam bahasa Inggris harus mempunyai satu Subyek dan satu Kata Kerja (a subject and a verb), sangat penting bagi anda untuk menemukan S dan Verb dalam setiap kalimat. Dalam beberapa kalimat mungkin akan sangat mudah menentukan S dan Verb, tetapi jika dalam kalimat terdapat object of prepositions, appositives, dan participles, bisa membingungkan untuk kita menentukan mana sebagai Subyek dan mana sebagai Verb.

SKILL 1  : BE SURE THE SENTENCE HAS A SUBJECT AND A VERB
STRATEGI:
1.       Pada skill 1 ini kita akan mulai dengan kalimat 1 clause (kalimat tunggal). Pastikan kalau dalam kalimat itu terdapat subyek dan kata kerjanya.
2.       Mungkin anda diminta untuk mencari subjeknya saja, atau kata kerjanya saja, atau kedua-duanya.
3.       Pastikan juga kalau dalam kalimat itu tidak terdapat subjek dan kata kerja yang berlebihan.
Contoh:
…………..was backed up for miles on the freeway
(A)   Yesterday
(B)   In the morning
(C)   Traffic **
(D)   Cars

Pembahasan: C
Pada contoh ini anda harus sudah menentukan apa yang tidak ada dalam kalimat, dan segera mengetahui bahwa dalam kalimat terdapat kata kerja (was), berarti yang tidak ada subjeknya. Karena kata kerja (was) menunjukkan kata kerja tunggal, maka diperlukan subyek tunggal . Dalam pilihan jawaban  yang merupakan subyek tunggal adalah (C) Traffic, sedangkan jawaban (D) Cars merupakan subyek jamak.



SKILL 2  : BE CAREFUL OF OBJECTS OF PREPOSITIONS
Object of preposition adalah benda atau kata ganti benda yang datang sesudah preposisi (in, at, on, to, by, of, behind, about, above, across, after, against, along, among, around, as, bellow with, dan lain-lain)
Contoh (After his exams) Tom will take a trip (by boat)
Kalimat ini terdiri dari 2 object of prepositions. Exams adalah object of prepositions dari after dan boat adalah object of prepositions dari by.
Sebuah object of prepositions bisa membingungkan, sebab dia bisa disalah artikan sebagai subyek dalam kalimat tersebut. Tetapi yang harus anda ingat bahwa kata yang hadir sesudah preposisi (in, at, on, dll) adalah sebagai object of prepositions, jadi tidak mungkin dia berfungsi sebagai subyek.
Contoh:
With his friend …….found the movie theater
(A)   Has
(B)   He **
(C)   Later
(D)   When
Pembahasan: B
Terlebih dahulu anda harus menentukan subyek dan kata kerjanya, seperti contoh di atas, kita sudah menemukan kata kerjanya yaitu found , berarti dalam kalimat itu yang tidak ada subyeknya. Jangan mengira bahwa friend adalah subyek, sebab friend adalah object of prepositions dari with. Jadi jawaban yang benar (B) he.

SKILL 3  : BE CAREFUL OF APPOSITIVES
Appositives juga bisa disalah artikan sebagai subyek dalam suatu kalimat. Appositives adalah kata benda yang datang sebelum atau sesudah kata benda lain yang mempunyai arti yang sama.
Catatan:
1.       Apabila terdapat dua tanda koma dalam satu kalimat, maka bisa dipastikan kalau subyeknya adalah yang di depan sebelum tanda koma pertama.
Contoh:  Nurul , the best student in the class, got an A on the exam.                    
                    S,                        APP,                              V           

2.       Apabila terdapat satu tanda koma dalam satu kalimat, maka bisa dipastikan kalau subyeknya adalah yang ke dua setelah tanda koma.
Contoh:  A really good mechanic, Toni is fixing the car
                                           APP,                        S         V

SKILL 4  : BE CAREFUL OF PRESENT PARTICIPLES
Present participles adalah bentuk kata kerja berakhiran –ing (talking, playing). Dia akan berfungsi sebagai kata kerja kalau di dahului oleh bentuk kata kerja be.
Contoh: The man is talking to his friend
                                       Verb

Present participles berfungsi sebagai kata sifat (adjective) apabila dia tidak dahului oleh bentuk kata kerja be.
Contoh: The man talking to his friend has a beard
                                Adjective
Pada kalimat di atas talking adalah kata sifat dan bukan bagian kata kerja, karena tidak di dahului oleh bentuk be. Kata kerja dalam kalimat ini adalah has.
Contoh:
The child…………playing in the yard is my son.
(A)   Now **
(B)   Is
(C)   He
(D)   Was

Pembahasan: A
Pada contoh ini, child adalah sebagai subyek, dan mungkin anda akan mengira kalau playing sebagai verb. Apabila itu terjadi mungkin anda akan memilih jawaban B atau D untuk melengkapinya, tetapi itu salah, sebab playing disini bukan sebagai kata kerja, anda harus menyimpulkan bahwa playing sebagai bagian dari kata sifat yang tidak memerlukan be dan kata kerja yang sebenarnya dalam kalimat ini adalah is. Jadi jawaban yang benar adalah (A) Now.



SKILL 5  : BE CAREFUL OF PAST PARTICIPLES
Past Participles bisa berfungsi sebagai kata sifat atau sebagai kata kerja. Dia berfungsi sebagai kata kerja jika diawali dengan have atau be, biasanya berakhiran dengan -ed, tetapi ada beberapa yang tidak beraturan (tidak berakhiran -ed)
Contoh:                The family has purchased a television
                                                            Verb
                                The poem was written by Sri
                                                           Verb

Pada kalimat pertama kata purchased merupakan kata kerja, karena dia hadir bersama has. Pada kalimat ke dua kata written merupakan kata kerja, karena dia hadir bersama was.
Past participles berfungsi sebagai kata sifat (adjective) jika dia hadir sendiri tanpa diawali have atau be.
Contoh:                                The television purchased yesterday was expensive
                                                                Adjective

                                The poem written by Linda appeared in the magazine
                                                     Adjective

Pada kalimat pertama purchased sebagai adjective sebab dia hadir tanpa have atau be, dan dalam kalimat ini kata kerjanya adalah was. Begitupun pada kalimat ke dua, written sebagai adjective dan kata kerjanya adalah appeared.

SKILL 6  : USE COORDINATE CONNECTORS CORRECTLY
Apabila ada dua clause dalam kalimat, anda harus menghubungkan dua clause itu menggunakan coordinate connectors: and, but, or, so, atau yet dan menggunakan tanda koma sebelum penghubung.
                                S          V,   coordinate connector     S             V
Contoh:                                Zul is singing, and  Hernany is dancing
                                Edi is tall, but Marlin is short
                                Siswani must write the letter, or Dewi will do it
                                Sugeng told a joke, so Evi laughed
                                Menik is tired, yet she is not going to sleep
Catatan:
1.       Penghubung and digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang setara/ paralel
2.       Penghubung but digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang bertentangan
3.       Penghubung or digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang berupa pilihan
4.       Penghubung so digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang berupa sebab akibat
5.       Penghubung yet digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang menunjukkan arti (walaupun begitu…..)dan dalam ke dua kalimat itu mempunyai subyek yang sama.

SKILL 7  : USE ADVERB TIME AND CAUSE CONNECTORS CORRECTLY
Kalimat dengan adverb clauses mempunyai dua pola kalimat dasar, sebagai berikut :
S              V                   Adverb connector            S              V
I      will sign  the check          before                you          leave

Adverb connector           S              V,            S              V
Before                              you      leave,          I       will sign the check
Catatan:
1.          Apabila adverb connectornya di tengah tidak memerlukan tanda koma (,)
2.          Apabila adverb connectornya di depan, akan terdapat tanda koma (,) sebelum clause ke dua
Berikut ini jenis-jenis adverb connectors yang pengartiannya tergantung pada konteks kalimatnya.
ADVERB TIME AND CAUSE CONNECTORS
ARTI
 TIME
SEJAK
After, as, as long as, as soon as, before, by the time, once, since, until, when, whenever, while


CAUSE
SEBAB
As, because, inasmuch as, now that, since


Berikut ini contoh soal yang biasa terdapat dalam tes toefl:
……………….. was late, I missed the appointment
(A)   I
(B)   Because
(C)   The train
(D)   Since he **

Pembahasan: D
Kalimat di atas terdiri dari dua clause yang membutuhkan adverb connector untuk menghubungkannya. Pada clause pertama terdapat kata kerja was dan subyeknya belum ada. Pada kalimat di atas terdapat tanda koma berarti adverb connectornya di depan sebelum subyek, maka jawaban yang benar adalah (D) Since he

SKILL 8  : USE OTHER ADVERB CONNECTORS CORRECTLY
Seperti halnya skill 7, pada skill 8 ini juga menerangkan jenis-jenis adverb connectors yang lain, diantaranya:
OTHER ADVERB CONNECTORS
CONDITION
CONTRAST
MANNER
PLACE
JIKA
MESKIPUN
SEBAGAIMANA
DIMANA
If
In case
Provided
Providing
Unless
whether
Although
Even though
Though
While
whereas
As
In that
Where
Wherever

Adverb connectors ini juga mempunyai pola kalimat yang sama seperti pada skill 7. Seperti contoh di bawah ini:
I will leave at 7:00 if I am ready.
Although I was late, I managed to catch the train.