Minggu, 24 Juni 2012

Tesis Pemanfaatan Facebook sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris


ABSTRACT



              This study entitled  the impact of  facebook as a learning media on students' motivation and learning outcomes  in English subject , Class X  SMK Muhammadiyah 1 Palembang. The method used was an experimental method. The population in this study was all students in class X SMK Muhammadiyah 1 Palembang with  two treatments, namely:  experiment class  which consisted of 33 students of TKJ2  used facebook as a learning media, and control class which consisted of  33 students of TKJ1  class  did not use facebook as a learning media. While the trial class was conducted in Sales class which consisted of 30 students. Students' motivation data were  obtained through questionnaires  and students' learning outcomes  data were retrieved through the test. The results showed that the use of  facebook as a learning media has a very significant impact on students' motivation and learning outcomes  in English subjects.  It is proven   by the increase of  students' motivation mean gain score as much as 14.424 and students' learning outcome mean gain score as much as 17.170, it can be deduced by using the media facebook as one of alternative learning media can improve motivation and english learning outcomes in SMK Muhammadiyah 1 Palembang.

Keywords: Facebook, Motivation, English Learning Outcomes.




A.    LATAR BELAKANG

Kedudukan Bahasa Inggris di Indonesia  adalah sebagai bahasa asing yang  dapat digunakan sebagai bahasa pengantar  pada satuan pendidikan. Hal ini sesuai dengan UUSPN No. 20 tahun 2003 pasal 33 ayat 3 yaitu bahwa bahasa asing dapat digunakan sebagai bahasa pengantar pada satuan pendidikan tertentu untuk mendukung kemampuan berbahasa asing peserta didik.
Pelaksanaan sistem pendidikan di Indonesia menerapkan Ujian Nasional yang merupakan alat ukur dan penilaian kompetensi bagi peserta didik secara nasional. Ujian Nasional yang pertama kali diperkenalkan tahun ajaran 2002/2003 dengan istilah Ujian Akhir Nasional (UAN). Salah satu mata pelajaran yang di-uji nasionalkan adalah Bahasa Inggris.
Berdasarkan studi pendahuluan melalui wawancara penulis dengan guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMK Muhammadiyah 1 Palembang diketahui bahwa selama ini pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, dimana pembelajaran berlangsung secara satu arah saja. Hal ini menyebabkan siswa menjadi jenuh, kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga terjadi penurunan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Perolehan nilai ini sebenarnya masih bisa ditingkatkan jika guru yang mengajar dalam hal ini guru Bahasa Inggris khususnya, menggunakan metode mengajar dan media yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Untuk itulah peneliti tertarik melakukan penelitian khususnya tentang pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Dalam hal ini peneliti mencoba melakukan penelitian  menggunakan facebook sebagai media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa dalam menghilangkan kejenuhan dalam proses pembelajaran.
MENGAPA FACEBOOK?
Facebook bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, yaitu dengan memasukan materi-materi pembelajaran. Facebook juga sangat fenomenal dan sangat disukai semua kalangan termasuk juga para peserta didik, atas dasar inilah penulis berkeinginan untuk melaksanakan penelitian tentang Pengaruh Pemanfaatan Media Facebook terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palembang.


   B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan penulis dalam latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan adalah :
1.   Apakah penggunaan media facebook berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang?
2. Apakah penggunaan media facebook berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang?
3.   Adakah hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang?

C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media facebook terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
2. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media facebook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
3.  Untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.

D. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
1.    Bagi guru, Memberikan paradigma baru tentang media pembelajaran dengan menggunakan jejaring social facebook, menyesuaikan dengan keadaan masa kini.
2.    Bagi siswa, Facebook menawarkan siswa untuk belajar sendiri secara cepat, meningkatkan pengetahuan, belajar berinteraktif, meningkatkan komunikasi dengan guru dan siswa lain sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajarnya.
3. Bagi lembaga, mendukung kebijakan pemerintah dalam program penggunaan teknologi untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu hasil belajar.

1 komentar: