ABSTRACT
This study entitled the impact of facebook as a learning media on students' motivation and learning outcomes in English subject , Class X SMK Muhammadiyah 1 Palembang. The method used was an experimental method. The population in this study was all students in class X SMK Muhammadiyah 1 Palembang with two treatments, namely: experiment class which consisted of 33 students of TKJ2 used facebook as a learning media, and control class which consisted of 33 students of TKJ1 class did not use facebook as a learning media. While the trial class was conducted in Sales class which consisted of 30 students. Students' motivation data were obtained through questionnaires and students' learning outcomes data were retrieved through the test. The results showed that the use of facebook as a learning media has a very significant impact on students' motivation and learning outcomes in English subjects. It is proven by the increase of students' motivation mean gain score as much as 14.424 and students' learning outcome mean gain score as much as 17.170, it can be deduced by using the media facebook as one of alternative learning media can improve motivation and english learning outcomes in SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
Keywords: Facebook, Motivation, English Learning
Outcomes.
A.
LATAR
BELAKANG
Kedudukan Bahasa
Inggris di Indonesia adalah sebagai
bahasa asing yang dapat digunakan
sebagai bahasa pengantar pada satuan
pendidikan. Hal ini sesuai dengan UUSPN No. 20 tahun 2003 pasal 33 ayat 3 yaitu
bahwa bahasa asing dapat digunakan sebagai bahasa pengantar pada satuan
pendidikan tertentu untuk mendukung kemampuan berbahasa asing peserta didik.
Pelaksanaan
sistem pendidikan di Indonesia menerapkan Ujian Nasional yang merupakan alat
ukur dan penilaian kompetensi bagi peserta didik secara nasional. Ujian
Nasional yang pertama kali diperkenalkan tahun ajaran 2002/2003 dengan istilah
Ujian Akhir Nasional (UAN). Salah satu mata pelajaran yang di-uji nasionalkan
adalah Bahasa Inggris.
Berdasarkan
studi pendahuluan melalui wawancara penulis dengan guru-guru mata pelajaran
Bahasa Inggris di SMK Muhammadiyah 1
Palembang diketahui bahwa selama ini
pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, dimana pembelajaran berlangsung
secara satu arah saja. Hal ini menyebabkan siswa menjadi jenuh, kurang
termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga terjadi penurunan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Perolehan
nilai ini sebenarnya masih bisa ditingkatkan jika guru yang mengajar dalam hal
ini guru Bahasa Inggris khususnya, menggunakan metode mengajar dan media yang
tepat dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Untuk itulah peneliti tertarik
melakukan penelitian khususnya tentang pemanfaatan media dalam pembelajaran
bahasa Inggris.
Dalam hal ini
peneliti mencoba melakukan penelitian
menggunakan facebook sebagai
media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa dalam menghilangkan
kejenuhan dalam proses pembelajaran.
MENGAPA
FACEBOOK?
Facebook
bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, yaitu dengan memasukan materi-materi
pembelajaran. Facebook juga sangat
fenomenal dan sangat disukai semua kalangan termasuk juga para peserta didik,
atas dasar inilah penulis berkeinginan untuk melaksanakan penelitian tentang Pengaruh Pemanfaatan Media Facebook terhadap Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan
Muhammadiyah 1 Palembang.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan
penulis dalam latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan adalah :
1. Apakah penggunaan media
facebook berpengaruh terhadap
motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang?
2. Apakah penggunaan media
facebook berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1
Palembang?
3. Adakah hubungan antara
motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di
SMK Muhammadiyah 1 Palembang?
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah yang dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media facebook
terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
2. Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media facebook
terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
3. Untuk
mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
D.
Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
1. Bagi
guru, Memberikan paradigma baru tentang media pembelajaran dengan menggunakan
jejaring social facebook, menyesuaikan dengan keadaan masa kini.
2. Bagi
siswa,
Facebook menawarkan siswa untuk belajar sendiri secara cepat, meningkatkan
pengetahuan, belajar berinteraktif, meningkatkan komunikasi dengan guru dan
siswa lain sehingga dapat menumbuhkan motivasi
belajar dan meningkatkan hasil belajarnya.
3. Bagi
lembaga, mendukung kebijakan pemerintah dalam program penggunaan teknologi
untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu hasil belajar.
boleh minta referensinya.......?
BalasHapus